Minggu, 12 Desember 2010

bolkus ku mekrok

yessssss akhirnya bolkus yang aku buat bisa mekrok juga lohh

gimana ga seneng, aku dah coba buat 2 kali dan si bolkus cuma mingkem doang
percobaan pertama : mekrok sedikit tapi bagian bawahnya menciut dan aga bantat (ternyata air kukusan diklakat terlalu banyak dan menyebabkan golakan air kena loyang adonan).

percobaan kedua : bantat abis, karena aku kocoknya kurang lama. (harusnya adonan sampai kental dan putih mengkilat.

dan percobaan kemaren lumayan berhasil ini karena aku rajin mantengin milis terutama kalau lagi ada bahasan si bolkus ini. kalau ada tips soal bolkus pasti langsung aku save.

kemaren aku japri imelan sama mba yanti saleh yang sudah berhasil buat bolkus mekrok.
aku penasaran tanya metode apa yang beliau pake...
ternyata mba yanti pake metode telur + gula + emulsifier dikocok sampe kental dan putih lalu masukkan terigu bergantian soda sampai habis lalu kocok lagi sampai kental dan puting mengkilat.

karena penasaran aku coba buat ah, aku pake resep ncc - bolkus 200

jreng...jreng.. inilah hasilnya



cantikkkk kannnnn?? tp warnanya terlalu ngejreng yah... lain kali kasih pewarnanya dikit aja ah... dan tekstur bolkus 200 ini lembuuuttttt banget...

oh ya, aku masih punya foto percobaan pertama bolkus yang menciut...



Tips untuk membuat bolkus (yang aku ingat) :
1. Gunakan api besar
2. Masukkan adonan ke dalam klakat / panci kukusan yang telah beruap banyak
3. kocok adonan hingga kental dan putih mengkilat
4. Memberi air untuk klakat / panci kukusan jangan terlalu banyak (kalo aku cukup 1 1/2 buku jari)
5. Adonan jangan terkena tetesan uap (kalo pake panci kukusan, tutup panci dengan serbet bersih)
6. perbanyak berdoa...hehehhehehe
7. Selamat mencoba dan jangan pantang menyerah yaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanaka Cakes Copyright © 2009 Polished by Diaz Design