Minggu, 02 Januari 2011

My 1st Japanese Cheese Cake (JCC)


Proyek ujicoba di hari pertama tahun 2011....

Sebenernya aku dah punya rencana hari sabtu ini mau buat Japanese Cheese Cake dan Cheese Klapertart, semua dalam rangka mo abisin si cream cheese anchor 1 kg itu lohhh
Aku cek expire date nya ada di maret 2011.. jadi daripada nangis bombay tuh cream cheese kadaluarsa jadi mau ga mau harus diberdayakan deh...
Tapi oh tapi, pagi" my mom ajak ke pasar baru mau ganti antingnya adik qinsya yang ilang.. aku iyakan mumpung libur lah..kapan lagi boooo
Aku mikir, apa buka ya toko mas di hari libur, tapi kata ibu, pergi aja lah kan sambil jalan"
Waktu lewat kosambi, ternyata semua toko mas TUTUP jadi yaaa rencana ke pasbar tetep jadi sih tapi tujuan utamanya ga terlaksana :D
Di Pasar Baru lumayan lama, soalnya biasalah kalau liburan banyak wisatawan dari luar kota n luar negeri yang belanja..
Sampe di rumah udah kecapean, males deh mau ngegarap si JCC...
Yo wis, minggu besok aja aku buat sepulang dari kondangan temen kantor aja deh..
Tapi itu juga molor ke malam hari, soalnya sorenya kaka hazka ngajakin maen ke yogya lucky square, dipikir oke lah sekalian belanja bulanan hehehhehe

Baru deh malemnya kita bertempur buat JCC ini...
Semua step by step diikutin plek plek sesuai dengan salinan resep, dan alhamdulillah JCC nya jadi, mengembang dengan sempurna..
JCC mateng, aku tes tusuk udah ga ada adonan yg basah, kompor aku matikan, loyang buat rendaman aku keluarkan lalu loyang adonan JCC aku masukkan lagi ke dalam otang yg pintunya terbuka, maksudnya biar JCC ini dingin sendirinya dan tidak menciut karena ada perubahan suhu yg drastis...
setelah JCC dingin, aku coba keluarkan dari loyang karena aku ga pake loyang bongpas jd cara keluarkannya dengan cara dibalik..
Dimulai deh insiden nya.. setelah aku keluarkan dari loyang dan aku balik lagi ternyata bag atas JCC nya nempel di alas impra huhuhuhu JCC nya ga cantik lagi :(


Lempar pertanyaan ke milist :
Ada masukan dari ci shirley
- Pake api atas 5 menit terakhir ==>blm punya oven gas, jd ga mungkin
- Pada saat membalikkan JCC dialasi serbet bersih agar ada rongga" mengeluarkan uap panas ==> patut diingat klo next time mo buat cheese cake lagi

Rencana awal cuma mau pake topping selai apricot aja jadi gagal
Untuk nutupin bagian yg bocel akhirnya aku kasih potongan kiwi dan strawberry (kebetulan masih ada stok di kulkas)

voilaaaaaa penampilannya ternyata tetep cantik kannnn



Yang mau resepnya silahken....
Aku ambil dari web mba ferona (www.cakefever.com)..thanks ya mba

Japanese Cheese Cake

Ingredients:
50 gr tepung terigu, ayak
50 gr tepung maizena, ayak
60 gr mentega tawar (unsalted butter)
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whipped cream (yang dairy, bentuknya cair)
3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur (jadi total make 6 butir telur)
2 sdt kulit jeruk lemon parut (jeruk lemon impor ya, yang kuning itu loh)
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon
Topping ingredients:
2 sdm selai apricot
2 sdm air
How-To:
• Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm, olesi dengan mentega pengoles loyang, atau bisa juga menggunakan loyang oval. Resep ini bisa jadi 2 loyang oval. Pengalamanku sebenarnya ndak perlu pakai loyang bongkar pasang, sebab walaupun lembut seperti kapas, tapi JCC ini cukup kokoh untuk dikeluarkan dari loyang dengan cara dibalik.
• Campur mentega, cream cheese dan whipcream dalam panci. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Lalu masukkan campuran tepung, aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
• Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak). Lalu tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
• Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 60 menit dengan suhu 150C sampai permukaan matang berwarna kuning keemasan.
• Keluarkan dari oven. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang.Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake atau hias sesuai selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hanaka Cakes Copyright © 2009 Polished by Diaz Design